Langsung ke konten utama

Tugas Kelompok 1.1 Refleksi Rancangan Pembelajaran

Tugas Kelompok 1.1 Refleksi Rancangan Pembelajaran

Nama Mahasiswa                  : Ermy Dara Yuspa (24402400199)

Tanggal/waktu Pengisian    : 25 September 2024

Silakan Anda telaah rancangan pembelajaran yang disusun oleh guru pamong di sekolah, kemudian jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan hasil telaah Anda terhadap rancangan pembelajaran yang dibuat oleh guru.

1.     Tuliskan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang termuat dalam rancangan pembelajaran yang Anda telaah!

ð  Kompetensi:

Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisualdan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

 

Tujuan Pembelajaran:

A.1.1 Peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai bahan tayangan yang disimak. A.1.2 Peserta didik dapat mencatat poin-poin penting informasi dari fiksi (teks narasi) aural 

         dan audivisual yang disimak dalam bentuk monolog , dialog, dan gelar wicara. 

A.1.3 Peserta didik dapat menelaah gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau 

         pesan teks fiksi (teks narasi) aural dan audivisual dalam bentuk monolog , dialog,   

         dan gelar wicara dengan bukti yang mendukung

2.     Asesmen apa yang digunakan pada rancangan pembelajaran yang Anda telaah? Analisislah kesesuaian antara asesmen yang digunakan dengan tujuan pembelajaran!

ð  Asesmen yang digunakan pada rancangan pembelajaran yang ditelaah adalah asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif.  Asesmen formatif dan sumatif dilakukan secara individu dan kelompok berupa penugasan. Menurut kelompok kami, asesmen yang digunakan pada rancangan pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran akan tetapi sebaiknya asesmen sumatif dilakukan pada beberapa topik materi pembelajaran, tidak hanya pada satu topik materi pembelajaran. Pada bagian tujuan pembelajarannya masih terlalu umum dan kurang spesifik, sebaiknya tujuan pembelajaran diuraikan secara rinci, sehingga kita bisa membuat asesmen yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. 

3.     Setelah Anda mengamati langkah-langkah kegiatan pembelajaran, identifikasilah pendekatan, model dan media pembelajaran yang digunakan! Apakah langkah-langkah tersebut sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan asesmen yang digunakan? Jelaskan alasannya!

ð  Pendekatan     Problem Based Learning

Model              Inquiry dan pembelajaran kolaboratif

Media               Audio visual, salindia, dan media Wordwall.

Langkah-langkah, pendekatan, model, dan media yang digunakan sudah cukup sesuai dengan tujuan pembelajaran dan asesmen yang telah dirumuskan di awal. Alasannya adalah pendekatan, model dan media yang dipilih dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

Salah satu tujuan pembelajaran adalah peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai bahan tayangan yang disimak. Dalam mewujudkan tujuan pembelajaran tersebut, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik agar peserta didik dapat menyimak bahan tayangan.

4.     Apakah rancangan pembelajaran yang disusun guru sudah menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD)? Jelaskan alasannya!

ð  Rancangan pembelajaran yang disusun guru sudah menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD). Alasannya karena tujuan pembelajaran yang disusun sudah cukup sesuai dengan kompetensi. Selanjutnya, asesmen disusun sebelum penilaian dengan tujuan untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang disusun oleh guru sudah cukup runtut. Setelah pembelajaran guru merefleksikan proses pembelajaran dan mengadaptasi rencana berdasarkan kebutuhan siswa. 

5.     Tuliskan saran atau perbaikan berdasarkan hasil telaah Anda terhadap rancangan pembelajaran tersebut!

ð  - Tujuan pembelajaran seharusnya lebih spesifik 

- Langkah pembelajaran harus lebih rinci dan runtut dan sesuai dengan tujuan 

   pembelajaran

- Pembelajaran belum mengadaptasi pembelajaran berdiferensiasi

- Seharusnya ada LKPD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi novel Nathan dan Laura

   Identitas buku : Judul : Nathan dan Laura Pengarang  : Aqilah Tisalsabilah Tahun terbit : 201 7 Cetakan : cetakan kedua, Maret 20 17 Tebal buku : 408 halaman Sinopsis : Seorang gadis SMA yang bernama Laura adalah siswi pindahan dari Amerika ke Indonesia. Laura mempunyai sahabat yang bernama Fellu dan Angel. Laura kemudian bertemu dengan Nathan. Nathan juga mempunyai sahabat yang bernama Rafly dan Gilang. Nathan sukses membuat jantung Laura berdetak kencang karena sikap manisnya ke Laura. Laura sudah tahu kalau Nathan sudah mempunyai pacar yang bernama Bila, dan Laura juga sudah mempunyai kekasih di Amerika yang bernama Michaell. Tetapi hubungan Laura dengan Michaell tidak berjalan mulus, karena Michaell menghilang entah kemana. Hubungan kisah asmara Nathan dan Laura pun dimulai. Awalnya memang hubungan mereka baik-baik saja sampai suatu ketika Michaell datang kembali kedalam kehidupan Laura. Bahkan kini Michaell pindah sekolah ketempat Laura bersekol...

Resensi Novel Rara Beruk

Keberuntungan Gadis desa Identitas buku : Judul : Rara Beruk Diceritakan kembali  oleh : Suyono Suyanto Tahun terbit : 2010 Cetakan : cetakan kedua, 2010 Tebal buku : 102 halaman Sinopsis : S epasang suami istri yang bernama Kiai Jagasura dan Nyai Jagasura  adalah orang yang s angat rajin bekerja  dan  taat beribadah.  Sang i stri pun mengandung. Keduanya merasa sangat bahagia. Saat kandungan Nyai Jagasura memasuki usia sembilan  bul an tiba-tiba datanglah seorang tamu yaitu adik dari Kiai Jagasura yang bernama Bok Bei . Kedatangan Bok Bei untuk menolong seseorang ibu yang akan melahirkan , yai tu Nyai Jagasura.  Ia melahirkan anak perempuan yang sangat cantik. Bayi tersebut diberi nama  Rara Mulatsih atau Rara Beruk. Bok Bei berniat mengambil Rara Beruk sebagai anak angkatnya. Namun Kiai Jagasura dan istrinya belum siap untuk melepaskan Rara kepada Bibinya. Saat usia Beruk menginjak sebelas tahun o rang tuanya teringat akan ...

Pemetaan Rancangan Pembelajaran dengan Konsep Understanding by Design (UbD)

  Tugas Kelompok 1.2 Pemetaan Rancangan Pembelajaran dengan Konsep  Understanding by Design  (UbD) Kelas: VII Mata pelajaran: Bahasa Indonesia Elemen : Menyimak Topik : Menyimak Teks Fiksi tentang cerita binatang (fabel) Capaian Pembelajaran Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audio visual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar. Tujuan Pembelajaran: A.1.1 Peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai bahan tayangan yang disimak.  A.1.2 Peserta didik dapat mencatat poin-poin penting informasi dari fiksi (teks narasi) aural dan audivisual yang disimak dalam bentuk monolog , dialog, dan gelar wicara.  A.1.3 Peserta didik dapat menelaah gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan teks fiksi (te...