Tugas Kelompok 1.1 Refleksi Rancangan Pembelajaran
Nama Mahasiswa : Ermy Dara Yuspa (24402400199)
Tanggal/waktu Pengisian : 25 September 2024
Silakan Anda telaah rancangan pembelajaran yang disusun oleh guru pamong di sekolah, kemudian jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan hasil telaah Anda terhadap rancangan pembelajaran yang dibuat oleh guru.
1. Tuliskan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang termuat dalam rancangan pembelajaran yang Anda telaah!
ð Kompetensi:
Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisualdan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.
Tujuan Pembelajaran:
A.1.1 Peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai bahan tayangan yang disimak. A.1.2 Peserta didik dapat mencatat poin-poin penting informasi dari fiksi (teks narasi) aural
dan audivisual yang disimak dalam bentuk monolog , dialog, dan gelar wicara.
A.1.3 Peserta didik dapat menelaah gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau
pesan teks fiksi (teks narasi) aural dan audivisual dalam bentuk monolog , dialog,
dan gelar wicara dengan bukti yang mendukung
2. Asesmen apa yang digunakan pada rancangan pembelajaran yang Anda telaah? Analisislah kesesuaian antara asesmen yang digunakan dengan tujuan pembelajaran!
ð Asesmen yang digunakan pada rancangan pembelajaran yang ditelaah adalah asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Asesmen formatif dan sumatif dilakukan secara individu dan kelompok berupa penugasan. Menurut kelompok kami, asesmen yang digunakan pada rancangan pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran akan tetapi sebaiknya asesmen sumatif dilakukan pada beberapa topik materi pembelajaran, tidak hanya pada satu topik materi pembelajaran. Pada bagian tujuan pembelajarannya masih terlalu umum dan kurang spesifik, sebaiknya tujuan pembelajaran diuraikan secara rinci, sehingga kita bisa membuat asesmen yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.
3. Setelah Anda mengamati langkah-langkah kegiatan pembelajaran, identifikasilah pendekatan, model dan media pembelajaran yang digunakan! Apakah langkah-langkah tersebut sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan asesmen yang digunakan? Jelaskan alasannya!
ð Pendekatan : Problem Based Learning
Model : Inquiry dan pembelajaran kolaboratif
Media : Audio visual, salindia, dan media Wordwall.
Langkah-langkah, pendekatan, model, dan media yang digunakan sudah cukup sesuai dengan tujuan pembelajaran dan asesmen yang telah dirumuskan di awal. Alasannya adalah pendekatan, model dan media yang dipilih dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Salah satu tujuan pembelajaran adalah peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai bahan tayangan yang disimak. Dalam mewujudkan tujuan pembelajaran tersebut, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik agar peserta didik dapat menyimak bahan tayangan.
4. Apakah rancangan pembelajaran yang disusun guru sudah menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD)? Jelaskan alasannya!
ð Rancangan pembelajaran yang disusun guru sudah menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD). Alasannya karena tujuan pembelajaran yang disusun sudah cukup sesuai dengan kompetensi. Selanjutnya, asesmen disusun sebelum penilaian dengan tujuan untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang disusun oleh guru sudah cukup runtut. Setelah pembelajaran guru merefleksikan proses pembelajaran dan mengadaptasi rencana berdasarkan kebutuhan siswa.
5. Tuliskan saran atau perbaikan berdasarkan hasil telaah Anda terhadap rancangan pembelajaran tersebut!
ð - Tujuan pembelajaran seharusnya lebih spesifik
- Langkah pembelajaran harus lebih rinci dan runtut dan sesuai dengan tujuan
pembelajaran
- Pembelajaran belum mengadaptasi pembelajaran berdiferensiasi
- Seharusnya ada LKPD
Komentar
Posting Komentar